Pengertian Playtesting

Dalam Pegembangan game, sering kita mendengar istilah playtesting. Playtesting merupakan proses mempelajari bagaimana reaksi dan kesenangan pemain tentang yang masih dikerjakan. Proses ini melibatkan seseorang untuk memainkannya tanpa tujuan menemukan bug.
labarbarolera.blogspot.com
Playtesting digunakan untuk mengetahui pandangan unsur balance, kesulitan dan yang paling penting adalah interaksi pemain terhadap game, apakah mereka menyenanginya atau tidak. Untuk melakukan playtesting dimulai dari diri sendiri sampai ke orang yang tidak dikenal. Metode pengujian ini berfokus pada feedback dari pemain tentang gameplay, user interface, tampilan art dalam permainan dan lain sebagainya secara global Tidak seperti teknik pengujian game lainnya, playtesting lebih ke pertanyaan opini dan penilian setiap pemain daripada fakta-fakta game tersebut. Playtesting menjawab pertanyaan-pertanyaan penting seperti;
  1. Apakah game mudah untuk dimainkan?
  2. Apakah gameplay permainan mudah untuk dipahami?
  3. Apakah control dari game intuitive?
  4. Apakah interface dari game jelas dan mudah untuk dikendalikan?
  5. Apakah tampilan art dari game cukup menarik?
  6. Apakah game yang dimainkan menyenangkan?
  7. Apakah cerita sejarah dalam game tersampaikan?
Playtesting seharusnya dilakukan disetiap waktu pengujian setiap game selama masa produksi. Hasil playtesting menghasilkan seuatu yang berharga dan timbal balik yang dapat digunakan untuk membuat produksi game lebih baik. Namun karena keterbatasan biaya cara ini tidak ada yang melakukannya dengan benar.

Sumber

SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post