- Pastikan anda telah memiliki ARToolkit (Baca postingan sebelumnya).
- Buka folder Pattern (..:\\ARToolkit/patterns/), Lalu disana terdapat file blankPatt.
- Gambari blankPatt tersebut sesuai selera anda dengan aplikasi grafis. (yang penting gambar hitam putih)
- Lalu cetak gambar tersebut ke kertas atau jika malas mencetak copykan gambar tersebut ke smartphone anda.
- Buka folder bin (..:\\ARToolkit/bin) lalu disana terdapat file mk_patt.
- Buka file mk_patt, maka akan keluar tampilan seperti webcam
- Arahkan gambarmu ke arah webcam tersebut, ketika pinggir marker terlihat garis warna merah-kuning seperti gambar dibawah, klik gambar tersebut.
- Setelah gambar diklik, beri nama file marker tersebut denan nama patt.smile (nama tesebut bisa diganti asal nama depannya adalah patt.).
- Lalu Tekan Enter
- Pindahkan patt.smile tersebut ke dalam folder Data (:\\ARToolkit/bin/Data)
- Masih di folder Data buka file object_data_vrml dengan menggunakan notepad atau notepad++
- Ganti angka #the number of patterns to be recognized menjadi 3
- Lalu buat code seperti dibawah ini.
- #pattern 3 untuk nomer pattern,VRML untuk objek augmented yang akan ditampilkan Data/ untuk marker yang akan digunakan, 80.0 untuk ukuran augmented. (X,Y,Z)
- Buka file simpleVRML (...:\\ARToolkit/bin).
- Arahkan gambar marker anda ke camera, maka hasilnya seperti ini. Mudah bukan? Good Luck!!! Semoga Berhasil, Jika kurang jelas bisa ditanyakan di komen
Tutorial Membuat Augmented Reality dengan ARToolkit
Ini adalah postingan lanjutan dari pos sebelumnya, kali ini saya akan membagi bagaimana membuat Augmented Reaity dengan ARToolkit. Cara ini lebih sederhana dari yang lain, karena augmented ini bertipe marker atau menggunakan marker. Langkah pertama untuk membuat augmented reality adalah membuat markernya terebih dahulu, bagaimana caranya:
Untuk mengatur translasi,, rotasi, ukuran objek gunakan file.dat yang terletak di folder wrl (...:\ARToolKit\bin\Wrl).
wow , thats great dude,. :D
Reply